Kapan dan mengapa kita harus bersyukur ?

by - Oktober 08, 2017

Pertanyaan ini paling mendasar saat kita akan mulai bersyukur. Pagi hari saat bengun tidur misalnya, kita harus mulai bersyukur atas hari baru, masih diberi kesempatan untuk menghirup udara segar pada hari ini. Pagi hari, saat kita mulai bersyukur, itu dapat juga meningkatkan semangat dan mood kita untuk hari itu. Karena saat kita bersyukur pagi itu, berarti kita juga akan menghargai hari itu dan menjalaninya dengan bahagia. Begitu juga saat malam hari, siang, dan seharian atas kebahagiaan maupun kesedihan.
Begitu juga saat kita misalnya sudah sampai di kantor/ sekolah, bersyukurlah atas diberi keselamatan di jalan. Saat kita bertemu sahabat sahabat, bersyukurlah saat kita memiliki mereka yang juga menyayangi kita, saat kita dapat merasakan hangatnya persahabatan juga. Bisa juga bersyukur saat kita berulang tahun, bersyukurlah karena masih diberi kesehatan, umur yang panjang, orang orang sekitar yang sayang terhadap kita, dan apapun yang membuat kita bahagia dan memberikan kesan/ pelajaran hidup tersendiri untuk kita.
Bersyukurlah juga saat kita masih memiliki orang tua. Bersyukurlah masih bisa merasakan kasih sayang, perhatian, dan juga kemarahan mereka. Semua yang mereka lakukan adalah salah satu bentuk kasih sayang mereka kepada kita, maka bersyukurlah. Diluar sana masih banyak anak yang masih tidak tau orang tuanya, kehilangan orang tua sejak kecil, bahkan ada yang masih menyesal belum sempat meminta maaf/ mengucapkan kata kata terakhir sebelum orang tua mereka dipanggil Tuhan. Mulai saat ini, mulailah bersyukur dan sayangi mereka.
Saat kita sakit juga, kita sering mengeluh atas sakit yang diberikan kepada kita. Padahal dulu, saat sehat kita tidak pernah bersyukur atas tubuh dan organ organ kita. Mulailah bersyukur dari sekarang, baik sehat maupun sakit. Bersyukur saat organ tubuh kita masih lengkap dan bisa digunakan. Jangan bermalas malasan saja, tunjukkan rasa syukurmu dengan melakukan aktivitas positif juga. Dan masih banyak lagi saat saat yang harus kita syukuri, kita harus peka terhadap keadaan dan bersyukur atas segala hal.
Mengapa harus bersyukur ?
Kenapa harus ada kata bersyukur ? bersyukur harus kita lakukan karena segala kebutuhan kita tidak dapat didapatkan dengan mudah dan kita juga tidak dapat mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena, saat semua yang kita inginkan dapat terwujud, lalu apa yang hendak kita cari di dunia ini? Bersyukurlah atas masa masa sulit yang selama ini kita lewati, karena dari situlah kita dapat belajar untuk bertambah dewasa dan mandiri.  Bersyukurlah saat kita tidak mengetahui apa apa, karena dari situlah kita dapat memulai untuk belajar sesuatu baru. Bersyukurlah atas segala kesalahan yang pernah kita lakukan, karena dari situlah kita dapat memulai belajar menjadi lebih baik dan mendapatkan motivasi motivasi untuk kehidupan kita lebih lanjut supaya kita dapat mengubah diri kita lebih baik dan lebih baik lagi.
Bersyukur juga merupakan kunci kebahagiaan. Seperti yang saya katakan tadi, saat kita bersyukur, misalnya saat pagi hari, dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan kita untuk hari itu. Bersyukur atas segala karunia juga dapat menghindarkan kita atas rasa iri, benci, egois dan sifat sifat buruk kita lainnya. Secara tidak langsung, bersyukur juga dapat mengurangi sifat sifat buruk kita dan memperbaikinya. Kita tidak perlu memikirkan kekayaan orang lain saat mereka pamer, tidak perlu memikirkan gengsi saat kita mulai bersyukur. Kita juga tak perlu dirudung rasa kecewa dan khawatir saat sesuatu tidak berjalan sesuai harapan kita, karena kita sudah mencoba belajar bersyukur dan mengikhlaskannya.
“Mereka yang memiliki jiwa menghargai, akan banyak menemukan hal-hal yang bisa untuk dihargai.”


You May Also Like

1 komentar

  1. Merkur 25C Safety Razor, Extra Thick Chrome Finish
    Merkur 25C Safety Razor, Extra Thick deccasino Chrome 바카라 사이트 Finish. Merkur 25C Safety Razor, Extra Thick Chrome Finish. Merkur - 25C Safety Razor, งานออนไลน์ Extra Thick

    BalasHapus

Mengenai Saya