Apa Itu Bersyukur ?

by - September 26, 2017

Bersyukur adalah sebuah perbuatan yang patut dan harus untuk kita lakukan, karena di dalam rasa bersyukur, kita menghargai dan menghormati Kebesaran Tuhan yang sudah diberikan dan dianugrahkan pada masing-masing kita semua.

Bersyukur memang tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian yang bisa diberikan bukan dari perbuatan dan perkataan kita saja, tapi Tuhan bisa melihat dalam Hati Kita yang sesungguhnya saat bagaimana perasaan dan perilaku yang menggambarkan diri kita saat menghadapi suatu keadaan, entah bahagia maupun sedih. Segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan kita, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya yang tulus dari hati.
Ada sebuah contoh cerita, saat ada keluarga miskin yang tetap saling melindungi, menjaga dan harmonis walaupun hidup dalam kemiskinan. Disatu sisi ada seorang pengusaha yang memiliki kekayaan berlimpah, tetapi tidak merasakan hangatnya kekeluargaan didalamnya. Disisi orang miskin, ia ingin mempunyai kemewahan dan kekayaan tersebut, padahal di sisi pengusaha tersebut, ia ingin merasakan kembali kehangatan keluaraga. Disinilah kita harus terus bersyukur apapun keadaan dan kondisi kita.

HAL HAL YANG DAPAT MEMBUAT KITA SELALU BERSYUKUR

1.       Selalu melihatlah kebawah untuk urusan duniawi. 
            Dunia tidak hanya melulu tentang apa yang membuat kita bahagia, masih ada orang orang lain disekitar kita yang masih kekurangan. Lihatlah sekitarmu, dengan melihat kebawah, kita jadi lebih bisa bersyukur, bahwa kita dapat merasa bahwa kita lebih beruntung dari lainnya. Masih banyak orang yang kesulitan makan, tidak memilliki tempat tinggal, sakit sakitan, dan kekurangan kekurangan lainnya. Berkaca dari situlah, saat kita melihat kebawah kita dapat lebih bisa mensyukuri keadaan kita.

2.     Berhentilah mengeluh
Saat kita mengeluh, banyak waktu kita buang hanya untuk mengeluh. Padahal saat kita merenungkan hal hal yang selama ini kita keluhkan, banyak pelajaran pelajaran yang dapat kita dapatkan darinya. Misalnya saat kita mengeluh makanan kita terlalu banyak, kita tetap tidak boleh mengeluh, karena masih banyak pula orang yang masih belum bisa makan enak seperti kita. Mulailah biasakan dirimu untuk tidak mengeluh. Masih banyak hal yang bisa kita syukuri daripada kita keluhkan.

3.      Selalu ucapkan Alhamdulillah / Puji Tuhan
            Segala karunia, berkat dan keadaan yang kita alami memang sudah kehendak Tuhan. Bagaimanapun keadaan yang kita alami baik sedih maupun bahagia, biasakan untuk mengucapkan Alhamdulillah/Puji Tuhan karena itu merupakan salah satu ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan atas segala karunia dan rezeki.

4.        Biasakan ucapkan terimakasih
             Segala pemberian, rezeki dari orang lain kita wajib mengucapkan terimakasih. Jadikanlah ini menjadi sebuah kebiasaan. Satu ucapan terimakasih pun dapat membawa dampak positif bagi sesama maupun kita sendiri. Bagi sesama, ia menjadi merasa dihargai, dengan begitu ia akan terus berbagi karena dari berbagi, ia dapat membahagiakan orang lain pula. Bagi kita sendiri, ucapan terimakasih merupakan salah satu ungkapan syukur atas rezeki ini. Jadikanlah ini sebagai kebiasaan diri.

5.        Selalu ingat nikmat, berkat, dan rezeki dari Tuhan


Kapan kita harus bersyukur dan kenapa harus bersyukur ? dapat kita lihat di postingan saya selanjutnya :)

You May Also Like

0 komentar

Mengenai Saya