Bagaimana mendidik anak down syndrome ?

by - September 21, 2017

Belajar dari anak down syndrom

Down syndrom adalah salah satu gangguan atau cacat lahir genetik yang paling umum terjadi. Biasanya, hal ini dialami anak anak yang lahir dengan jumlah kromosom yang tak normal. Dimana kondisi ini kemudian menyebabkan keterbelakangan mental dan ciri ciri fisik yang khas.
Sudah banyak anak yang terkena down syndrome, banyak pula para orang tua terus kuat dan tetap bersyukur menghadapi kondisi ini. Bagaimanapun, tidak ada orang tua yang mengharapkan anaknya lahir dengan kondisi down syndrom.  Jujur, saya sekeluarga pun sedih saat mendengar bahwa adik saya terkena down syndrome*jadi kangen rumah* . Tapi bagaimanapun, life must go on. Kami harus percaya bahwa dia pun juga bisa seperti anak anak lainnya, jika kita mendidiknya dan terus membimbing. Sebagai keluarga, kita harus tetap menyayanginya, mendoakan, mendidik, dan membimbing hidup mereka, karena bagaimanapun, anak adalah anugerah titipan Tuhan.
Memang, anak down syndrome memiliki sedikit keterbelakangan mental, tapi dengan didikan, bimbingan, dan doa, anak down sydrome pun dapat beraktivitas, bermain, belajar dan melakukkan hal hal lainnya seperti anak anak biasa, meski memerlukan waktu yang lumayan lama. Peran keluarga, terutama orang tua sangat dibutuhkan dalam perkembangannya.
Walaupun begitu, tetap biasakan untuk memperlakukan mereka seperti anak biasa. Ajarkan mereka sejak kecil seperti anak anak biasanya, seperti merangkak, merambat, makan, dan berjalan walaupun memang memerlukan waktu yang lebih lama. Support selalu mereka, selalu beri mereka apresiasi atas usaha yang berhasil mereka capai.
Jika belajar dari pengalaman, anak down syndrome memang lama untuk belajar sesuatu, tetapi jika kita sabar dan mengulang ulang nya, mereka akan paham dan terbiasa. Kuncinya sabar.
Mereka juga manusia, manusia yang diciptakan spesial oleh Tuhan. Jangan pernah salahkan Tuhan atas segala kondisi yang dialami. Perlakukan mereka layaknya manusia lainnya. Teruslah berdoa agar mereka tetap terus diberkati. Jika kita percaya, pasti semua akan ada jalan terbaik yang telah disiapkan Tuhan.


You May Also Like

0 komentar

Mengenai Saya