Perayaan Natal

by - Desember 20, 2017

Natal adalah hari raya yang benar benar ditunggu oleh umat kristiani.  Ada orang yang menanti-nantikan Natal untuk beli baju karena diskon saat Natal besar. Ada yang sibuk mempersiapkan KKR Natal gerejanya karena ini momen penting. Ada yang gembira karena bisa menikmati libur Natal plus tahun baru. Setiap orang memandang Natal dengan kacamata yang berbeda, mereka menantikan sesuatu di hari Natal.

Hari lahirnya Yesus ke dunia sebagai penyelamat. Euforia natal dan berkumpulnya keluarga sangat ditunggu tunggu. Setiap tahun, pohon natal sebagai simbol natal selalu dipasang di rumah rumah. Gua gua natal dibuat didalam gereja bersama dengan bayi Yesus, Bunda Maria, Santo Yosef serta tak lupa kambing kambing dan 3 raja dari timur.
Setiap tahun, tema dan konsep hiasan natal berbeda beda. Ada santa claus juga yang meramaikan setiap perayaan natal. Terkadang, ada tari tarian dari anak anak kecil yang membuat natal lebih berkesan. Lagu lagu, yang membuat vibes natal lebih terasa. Lagu-lagu seperti All I Want For Christmas- Mariah Carey, Santa Claus is Coming to Town, Jingle Bells dan lain lain (hihihi itu adalah lagu favorit saya).Setiap natal, kumpul bersama keluarga adalah hal yang paling ditunggu. Waktu untuk bertukar kado dan berdoa di gereja bersama. Tak lupa bingkisan makanan kecil untuk anak anak.
Banyak juga tradisi tradisi natal unik di setiap negara. Misalnya di india, pohon natal yang tidak biasa karena pohon natal di India ini dibuat dari pohon mangga atau pohon pisang, berbeda pada umumnya yang menggunakan pohon cemara. Tidak hanya pohon natalnya yang terbuat dari pohon mangga, bahkan rumah para warganya pun akan dihiasi dengan menggunakan daun mangga ditambah dengan lampu minyak yang diletakkan di setiap atap rumah atau di atas tembok rumah masing-masing warganya.
Sajian ayam Kentucky Fried Chicken (KFC) menjadi sebuah bagian penting dalam acara perayaan natal di Jepang. Maka tidak heran apabila merayakan natal di Jepang, hal yang paling penting dalam perayaan natal di Jepang adalah Ayam KFC. Itu terjadi sejak tahun 1970-an yang bermula dari iklan KFC yang menyiratkan bahwa orang-orang Amerika menyantap KFC untuk perayaan natal. Bahkan hingga sekarang masih menjadi tradisi, dan lagi semua warga Jepang akan rela mengantre berbulan-bulan sebelum datangnya natal hanya untuk menikmati daging ayam KFC itu.
Berdasarkan cerita rakyat Norwegia ketika malam natal tiba, maka semua roh-roh jahat dan kekuatan sihir hitam akan keluar dan berkeliaran di area pemukiman warga. Sehingga sekarang, warga Norwegia mempercayai bahwa ketika malam natal tiba mereka akan menyembunyikan sapu sebelum tidur, itu dipercaya agar nenek sihir yang keluar tidak bisa menemukan sapu untuk menggunakan kekuatan sihir jahatnya. Sedangkan para pria Norwegia di malam natal itu akan begadang dan keluar rumah untuk menembakkan senapan ke arah langit. Hal itu dilakukan agar bisa menakuti roh-roh jahat yang sedang berkeliaran dan mengusirnya agar tidak bisa memasuki rumah para warga.
Masih banyak lagi cara dan keunikan dalam setiap natal, tergantung bagaimana keinginan kita dan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar kita. Natal bukan tentang euforia atau pestanya, tetapi natal tentang bagaimana kita menyambut kehadiran Yesus ke dalam dunia.
Tuhan Memberkati

You May Also Like

0 komentar

Mengenai Saya